Kegiatan

Meningkatkan Semangat Literasi, PCINU Tunisia Membentuk Komunitas Baca

PCINU Tunisia – Pengurus PCINU Tunisia mengadakan komunitas baca bersama warga Nahdliyyin di Tunisia untuk meningkatkan semangat literasi. Kegiatan ini dilaksanakan di sekretariat PCINU Tunisia. Selasa, (20/06/2023).

Komunitas baca ini merupakan inisiatif langsung oleh Musytasar PCINU Tunisia yang juga sebagai Duta besar RI untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi. Sebelumnya, memang PCINU Tunisia telah menyediakan fasilitas lengkap berupa perpustakaan.

Dengan adanya komunitas baca tersebut, agar para kader NU memanfaatkan perpustakaan dengan baik. Buku-buku telah dilengkapi mulai dari klasik hingga kontemporer, seperti: Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits, Fiqih, Ushul Fiqih, Linguistik dan Kontemporer.

“Melalui komunitas baca ini, saya harap para kader muda NU di Tunisia menjadi cendekiawan muslim yang turut mewarnai kemajuan Indonesia. Selain itu, para kader NU diharapkan untuk terus memiliki semangat baca terhadap literatur-literatur Islam baik itu klasik maupun kontemporer, “  Ucap Zuhairi Misrawi, Musytasar PCINU Tunisia.

Program komunitas baca ini diikuti oleh 35 mahasiswa dan dibagi menjadi lima kelompok. Kegiatan kelompok membaca dilaksanakan setiap hari senin-jum’at. Setiap kelompok dibebaskan untuk membaca tema buku yang mereka sukai.

Kemudian, setiap anggotanya diharapkan untuk mempresentasikan dan mendiskusikan hasil bacaannya. Selain itu, setiap kelompok diharapkan untuk menulis artikel hasil diskusi dan mereview satu buku di setiap akhir bulannya.

“Harapan besar kami, setelah diskusi para anggota kelompok mendapatkan ilmu, wawasan dan pengetahuan yang mendalam”. Pungkas Amin Khafidin, Ketua PCINU Tunisia 2022-2024.

Abbas Harahap

Mahasiswa Universitas Az-Zaitunah Tunisia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button