Serba Serbi Tunisia

Semarak Perayaan Maulid Nabi di Tunisia

PCINU Tunisia – Maulid Nabi dikenal sebagai hari lahir Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, kemudian dirayakan setiap tahunnya oleh umat Islam di seluruh dunia. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Maulid Nabi, umat Islam berlomba-lomba beribadah dan melakukan kegiatan keagamaan untuk menghormati Nabi Muhammad SAW.

Begitu pula dengan perayaan Maulid Nabi yang dirayakan oleh umat Islam di Tunisia, sebuah negara di Afrika Utara sering disebut dengan el-Khadra, karena negara tersebut hijau dan banyak melahirkan ulama berperan penting dalam perkembangan dunia Islam.

Di Ibukota Tunisia, perayaan Maulid Nabi digelar di Masjid Zaitunah, dahulu Masjid tersebut merupakan cikal bakal berdirinya Universitas tertua di dunia. Tidak hanya masyarakat lokal Tunisia, akan tetapi perayaan tersebut dihadiri oleh mahasiswa Internasional dari belahan dunia, seperti Indonesia, Malaysia, Afrika, Eropa.

Rangkaian maulid diawali dengan pembacaan Dalāil al-Khairāt karya Syekh Sulaiman al-Jazuli, kemudian membaca Qashīdah al-Hamaziyah fi Madhi Khoiri al-Bariyyah karyaImam al-Bushiry lalu diakhiri dengan doa. Tradisi unik lainnya, terdapat makanan Assida Zgougou, yaitu sejenis bubur manis khas Tunisia. Makanan ini hanya khusus ada di saat perayaan Maulid Nabi saja.

Perayaan Maulid Nabi yang tak kalah meriah juga disambut dengan antusias oleh masyarakat Kota Kairouan, kota kuno di sebelah utara. Kemeriahan masyarakat dapat dilihat dari padatnya pengunjung Masjid Uqba bin Nafi. Perasaan penuh cinta dan bahagia adalah dua hal yang di rasakan umat Islam di Tunisia pada perayaan Maulid Nabi.

Masyarakat tidak hanya merayakannya di Kota Tunis dan Kairoan saja. Akan tetapi, perayaan Maulid Nabi mudah ditemukan di segala tempat dan beraneka ragam cara seperti, Masjid-masjid dan Jam’iyyah. Juga, masyarakat dapat melaksanakan ziarah ke makam sahabat Nabi, Sidi Sahbi Abi Zam’ah al-Balawi, makam Sayyidah Zainab binti Abdullah bin Umar bin Khattab dan makam para Ulama besar Tunisia lainnya.

Azmi Assidiqy, Mahasiswa Universitas Az-Zaitunah Tunisia dan Pengurus LTNU PCINU Tunisia

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button