Kegiatan
Trending

Launching Logo Konferensi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCINU) Tunisia

PCINU Tunisia – Kepanitiaan Konferensi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Tunisia secara resmi meluncurkan logo peringatan “KONFERCAB PCINU TUNISIA Ke-7.” Peluncuran logo dikemas dengan desain yang bagus dan perdana dipublikasikan melalui website nutunisia.co.id, Rabu (03/07/2024).

Logo yang sarat makna ini mencerminkan nilai-nilai luhur dan menggambarkan identitas seorang nahdliyyin. Perpaduan corak khas ke-Tunisia-an merupakan simbol intelektualitas dan spiritualitas sebagai jalan untuk mencapai kesempurnaan, sekaligus menjadi simbol persatuan dan semangat membangun masa depan yang lebih gemilang. Logo ini terdiri dari tiga elemen utama:

⦁ Menara Masjid

Menara masjid melambangkan kebesaran, kesucian, dan panggilan untuk beribadah. Menara masjid diambil dari struktur bangunan masjid yang ada di Tunisia untuk mewakili fondasi spiritual dan moral yang kokoh serta semangat religius yang memandu tindakan dan tujuan organisasi PCINU Tunisia.

⦁ Pena

Pena adalah alat untuk menulis dan mencatat, yang merupakan dasar dari pengetahuan dan pembelajaran. Hal ini mewakili komitmen PCINU Tunisia untuk terus belajar dan mengembangkan diri sebagai bentuk melestarikan nilai-nilai intelektual Ulama Tunisia.

⦁ Angka 7

Angka 7 memiliki makna kesempurnaan, kebijaksanaan, dan keberuntungan. Dalam filosofi Islam, angka 7 juga memiliki makna khusus, seperti tujuh langit dalam Al-Qur’an. Di sini, angka 7 melambangkan tujuan untuk mencapai kesempurnaan dan keberhasilan dalam menjaga tradisi keintelektualan Ulama Tunisia, dan menunjukkan usia Konferensi PCI NU Tunisia yang ke-7.

Ketiga elemen logo ini digabungkan dengan harmonis untuk mencerminkan nilai-nilai inti PCINU Tunisia, yaitu:

– Spiritualitas dan Moralitas:

Menara masjid sebagai simbol fondasi moral yang kuat dan komitmen untuk menjalankan syariat Islam khususnya sebagai seorang nahdliyyin.

– Pengetahuan dan Pembelajaran:

Pena sebagai simbol pengetahuan yang luas, menilik negara Tunisia merupakan negara dengan nilai sejarah yang melimpah, juga karakter warga Nahdlatul Ulama yang melestarikan keilmuan melalui jalan yang terus menyambung.

– Kesempurnaan dan Kebijaksanaan:

Angka 7 sebagai simbol upaya untuk mencapai kesempurnaan dan kebijaksanaan dalam setiap langkah.

Jadi, filosofi dari unsur yang terkandung dalam logo ini adalah perpaduan antara spiritualitas, intelektualitas, dan kesempurnaan, yang mencerminkan tujuan holistik dan berkelanjutan untuk kebaikan bersama.

Selain elemen-elemen utama, logo ini juga menggunakan dua warna yang syarat akan makna, diantaranya:

⦁ Hijau

– Kehidupan dan Pertumbuhan

Warna hijau diasosiasikan dengan alam, pertumbuhan, dan kesuburan. Hijau melambangkan kehidupan dan keintelektualan yang terus berkembang dan energi yang segar.

– Kesehatan dan Keseimbangan

Hijau juga merupakan warna yang menenangkan dan membawa keseimbangan. Ini bisa mencerminkan kesehatan, harmoni, dan kestabilan dalam organisasi PCI NU Tunisia.

-Keberlanjutan

Dalam zaman yang modern ini, hijau dikaitkan dengan inisiatif ramah lingkungan dan keberlanjutan. Ini bisa menunjukkan komitmen Nahdlatul Ulama terhadap praktik berkelanjutan dan tanggung jawab lingkungan.

⦁ Kuning

– Keceriaan dan Optimisme:

Kuning adalah warna yang cerah dan penuh energi, diasosiasikan dengan kebahagiaan, keceriaan, dan optimisme warna Nahdlatul Ulama Tunisia, juga mencerminkan semangat positif dan motivasi yang tinggi.

-Keberanian dan Inovasi:

Warna kuning juga bisa mewakili keberanian dan kreativitas. Ini menunjukkan kemauan untuk mengambil risiko dan berinovasi demi kemajuan dan keberlangsungan nilai-nilai intelektual Ulama Tunisia.

-Kejelasan dan Komunikasi:

kuning melambangkan warna yang menarik perhatian dan mudah dilihat, mencerminkan keterbukaan, kejelasan, dan efektivitas dalam komunikasi.

Filosofi dari kedua warna tersebut mencerminkan nilai-nilai berikut:

– Hidup dan Dinamis:

Kombinasi hijau dan kuning menciptakan kesan yang hidup dan dinamis, mencerminkan energi positif dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

– Keseimbangan dan Semangat:

Warna hijau membawa elemen keseimbangan dan kestabilan, sementara kuning membawa semangat dan optimisme, menciptakan harmoni yang seimbang namun penuh semangat.

– Inovasi dan Keberlanjutan:

Hijau menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan, sementara kuning menunjukkan keberanian untuk berinovasi dan mencari solusi baru.

Filosofi dari logo dengan warna hijau dan kuning adalah perpaduan antara pertumbuhan yang berkelanjutan, keseimbangan dan kesehatan, serta semangat dan inovasi, yang merupakan visi dan tujuan bersama untuk masa depan yang cerah dan penuh peluang.

Logo Konfercab PCINU Tunisia diharapkan dapat menjadi simbol pemersatu bagi seluruh anggota PCINU Tunisia dan Masyarakat Indonesia di Tunisia pada umumnya. Logo ini juga diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi semua pihak untuk berkomitmen dan bekerja sama dalam membangun masa depan PCINU Tunisia yang lebih baik.

penulis: Aqilah Firyal Haya, Mahasiswi S1 Universitas az-Zaitunah

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button