Kegiatan
Trending

Peresmian Perpustakaan “Ibnu Khaldun” PCINU Tunisia, Dubes Zuhairi Misrawi: Dorong Mahasiswa Berwawasan Luas

PCINU TunisiaPengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Tunisia mengadakan peresmian perpustakaan yang diikuti oleh seluruh warga Nahdliyyin di Tunisia pada Selasa, 12 Desember 2023. Perpustakaan tersebut diresmikan langsung oleh Gus Zuhairi Misrawi, Duta Besar Republik Indonesia di Tunisia.

Peresmian perpustakaan ditandai dengan penyerahan simbolis kitab Muqaddimah Ibnu Khaldun kepada ketua PCINU Tunisia dan pemotongan nasi tumpeng. “Perpustakaan kami putuskan untuk diberi nama “Ibnu Khaldun” karena warga NU setiap hari selasa mengkaji buku Muqaddimah karya Ibnu Khaldun.” Tegasnya.

Dengan adanya perpustakaan, lanjut Dubes Zuhairi, para kader NU Tunisia dapat menumbuhkan kembali minat budaya baca, kelak agar menjadi orang yang berwawasan luas dan mempunyai nalar kritis.

“pemimpin itu orang yang mampu memimpin seluruh elemen masyarakat dengan berbagai latar belakang. Dengan itu, dibutuhkan adanya pikiran yang terbuka dan cakrawala pengetahuan yang luas.” Ucap Dubes yang akrab disapa Gus Mis.

Data yang terhimpun, terdapat 534 judul buku di perpustakaan. Buku-buku mencakup berbagai bidang keilmuan baik itu klasik maupun kontemporer, seperti tafsir, hadis, fiqih, filsafat, linguistik, sosiologi, dan lain sebagainya.

Dubes Zuhairi juga menyampaikan, perpustakaan harus selalu dihidupkan dengan mengadakan program komunitas baca, setiap hari para mahasiswa diwajibkan hadir di perpustakaan untuk membaca buku selama 2 jam. “dengan budaya baca dan menulis, seseorang mampu untuk membangun peradaban”. Tegas Dubes Zuhairi.

Ketua PCINU Tunisia, Amin Khafidin Busro menyampaikan banyak terimakasih kepada Gus Zuhairi Misrawi yang telah mendukung penuh terealisasinya perpustakaan di PCINU Tunisia. “saya merasa sangat senang adanya perpustakaan ini, sehingga mampu membantu kebutuhan akademik sebagai mahasiswa.” Pungkas Amin.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button