Kegiatan

Mahasiswa di Tunisia Antusias Ikuti Pemilu 2024

PCINU Tunisia – Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Tunisia turut serta meramaikan pemilihan umum (pemilu) 2024 dalam memilih presiden dan wakil presiden, juga anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta II pada Minggu (11/2/2024). Pemungutan suara dilaksanakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tunisia berlangsung mulai pukul 08.00 – 18.00 waktu setempat.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Tunisia tercatat berjumlah 176 pemilih yang sebagian besar merupakan mahasiswa Universitas Az-Zaitunah. Meski pemilihan dilakukan diluar negeri namun mahasiswa Indonesia yang berada di Tunisia berpartisipasi penuh dalam proses demokrasi Indonesia dan Mereka terlihat sangat antusias untuk memberikan hak suaranya.

Sekretaris Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Tunisia Muhammad Yusril Muna membagikan pengalaman perdananya berpartisipasi dalam pesta demokrasi 2024 yang dilakukan di luar negeri. “Saya memilih nyoblos ke TPS karena lokasi yang masih dekat dalam lingkup ibu kota. Selain itu juga, tahun ini merupakan pemilu pertama saya yang dilakukan di luar negeri.” Ujar mahasiswa pascasarjana Universitas Az-Zaitunah, Tunisia tersebut.

Ia juga mengungkapkan, suasana pencoblosan berjalan lancar, kondusif dan damai meski berbeda-beda pilihan. Hampir semua WNI datang ke KBRI Tunisia untuk mencoblos langsung ke TPS.

Sebagai mahasiswa, Yusril juga menekankan pentingnya suara anak bangsa dalam menetukan masa depan Indonesia. Baginya satu suara anak bangsa menjadi penentu bagaimana Indonesia akan melangkah ke depan. “Lima menit kita memilih akan menentukan 5 tahun masa depan Indonesia.” Ujar Yusril.

Kita harus menyuarakan hak suara, kata Yusril demi Indonesia yang lebih baik. “Walaupun sekarang kita berada jauh dari Indonesia. Namun tetap kita tidak boleh mengurangi rasa kecintaan kita kepada tanah air Indonesia.” Pungkasnya.

Pewarta : Nuril Najmi Kamilia Suganda

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button