Kegiatan

Cerita Singkat Pengalaman Menghafalkan Al-Qur’an di Tunisia

PCINU Tunisia – Al-Qur’an adalah sumber kemuliaan. Siapapun yang menjadikan Alquran sebagai panduan hidup, maka tidak ada yang akan dia dapatkan selain kemuliaan. Hidup bersama Alquran adalah kenikmatan tiada tara.

Berangkat dari hal ini, kebahagian mahasiswa Indonesia di Tunisia memanfaatkan waktu liburan kuliahnya untuk mengikuti “Daurah Tahfidz Wa Tahsin Al-Qiraah” di salah satu Madrasah Qur’aniyah yang terletak di kota Soukra, wilayah Ariyanah, Tunisia.

Madrasah ini di ambil dari salah satu nama sahabat Nabi Muhammad SAW, yaitu “Madrasah Umar bin Khattab” Kegiatan ini merupakan inisiasi PCINU Tunisia, yang bekerja sama dengan Syaikh Muhammad Sholahuddin al-Mistawi salah satu Ulama Tunisia sekaligus Mustasyar PCINU Tunisia.

Kegiatan ini berlangsung kurang lebih dari satu bulan, dimulai sejak tanggal 25 Juli sampai 28 Agustus 2024. Mahasiswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, karena mahasiswa yang mengikuti daurah tersebut diberikan fasilitasi yang sangat memadai oleh jajaran pengurus madrasah tersebut, mulai dari tempat tinggal, makanan, minuman, AC dan kebutuhan lainnya.

Kegiatan belajar Daurah Tahfidz yang dimulai dari jam 07.00-10.00 setiap harinya kecuali hari jum’at dan ahad. Sangatlah memberikan kesan yang baik bagi para Mahasiswa yang mengikuti. Di samping bisa belajar untuk mendalami, memahami serta mentadaburi isi Al-Qur’an, kita juga dibimbing langsung oleh para Masyaikh yang sangat baik dan sangat memperhatikan bacaan mahasiswa Indonesia, sekaligus menjelaskan perbedaan beberapa bacaan qiro’ah al-Qur’an di beberapa kalimat tertentu.

Syaikh Zuairi, Salah satu Syaikh Madrasah Umar bin Khattab merasa sangat senang dan suka kepada mahasiswa Indonesia yang mengikuti Daurah ini. Karena, menurutnya mahasiswa Indonesia memiliki akhlak yang sangat baik dan sopan juga memiliki rasa semangat yang sangat tinggi.

Selain itu, ada satu hal yang membuat kita sangat terkagum-kagum mengikuti daurah ini, yaitu kita disatukan dengan orang-orang dari berbagai usia, mulai dari yang muda sampai yang tua, ayah dengan anaknya, kakek dengan cucunya semuanya berkumpul menjadi satu, belajar memahami, mendalami serta mentadaburi isi Al-Qur’an dengan penuh rasa semangat dan antusias yang sangat tinggi.

Alhamdulillah saya sangat senang sekali mengikuti Dauroh Tahfidz Wa Tahsin Al-Qiraah ini, karena disisi lain mendapatkan bimbingan yang sangat baik, saya juga diajarkan cara untuk memahami kandungan isi Al-Qur’an dengan baik untuk meningkatkan kualitas bacaan dan ibadah saya dengan selalu mentadaburi isi Al-Qur’an.

Dan saya juga mengucapkan terima kasih banyak khususnya kepada PCINU Tunisia yang telah menginisiasikan program ini, kami sangatlah beruntung mengikuti kegiatan Dauroh Tahfidz Wa Tahsin Al-Qiraah. Semoga kedepan PCINU Tunisia lebih banyak lagi memberikan dan mengadakan kegiatan positif seperti ini,

Penulis: Rival Haikal, Mahasiswa Universitas az-Zaitunah di Kairouan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button